Sabtu, 21 Januari 2017

Siswa-siswi MIN Mataram Praktik Mengenal Efek Energi Panas Melalui Proses Konduksi, Konveksi dan Radiasi

Mataram, Inmas.
Siswa-siswi MIN Mataram praktik mengenal efek perubahan energi panas melalui proses konduksi, konveksi dan radiasi, Kamis (19/1). Kegiatan yang berlangsung di ruang kelas VI dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi MIN Mataram dan di pandu langsung oleh guru mata pelajaran IPA.
Dra. Siti Asriah selaku pemandu dalam praktik tersebut mengatakan kalau kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui atau mengenal perubahan energi panas melalui proses konduksi, konveksi dan radiasi.
Ia menjelaskan Konduksi adalah perpindahan energi melalui suatu zat, tetapi bagian-bagian zat tersebut tidak ikut pindah. Contohnya dengan menggunakan lilin yang dibakar sebagai pemanas, paku yang dibakar kelilin dapat mengalirkan energi panas.
Konveksi adalah perpindahan energi melalui zat cair atau gas karena adanya gerakan dari bagian yag dipanaskan. Contohnya gelas yang diisi air dan dipanaskan sehingga nanti akan terlihat proses dari pemanasan air tersebut.
Sedangkan radiasi adalah pemancaran energi panas secara langsung contohnya oleh sinar matahari yang menyinari bumi, panas dari api unggung yang terasa panas apabila kita dekati dan lain sebagainya.
Setelah dilakukan praktik ini ia berharap agar siswa-siswi kelas VI dapat dengan mudah mengerti tentang bagaimana proses dari konduksi, konveksi dan radiasi tersebut. (L14/W45)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda bebas menuliskan komentar, kritik, saran atau masukan dengan kata-kata yang baik, tidak mengandung iklan, tidak mencela, menghina atau menyudutkan pihak manapun.
Komentar akan tampil setelah disetujui, jadi tidak perlu mengirimkan komentar berulang-ulang.
Terima Kasih.