Kamis, 12 Januari 2017

Kemenag Mura Adakan Rapat Koordinasi dengan Kepala KUA

Musi Rawas, Inmas.
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Musi Rawas mengadakan Rapat Koordinasi denga Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan di Ruang Pertemuan, Kamis(12/01). Rapat koordinasi ini diadakan dengan tujuan membahas fungsi, tugas, Kepala KUA Kecamatan, serta membahas tentang Pembinaan terhadap Penyuluh Non PNS yang baru diangkat.
Kegiatan ini dibuka langsung Oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Mura H. Hermadi, S.Ag., M.Si., didampingi Kasubbag TU Muhamad Rais, M.Pd.I., Kasi Bimas Islam Aliasmi, S.Ag., Staf Bimas Islam Drs. Lutfi serta dihadiri 10 Kepala KUA Kecamatan yang ada di Wilayah Kabupaten Mura.
Dalam kesempatan ini Hermadi mengatakan bahwa KUA memiliki Tugas Pokok dan Fungsi (tupoksi) melaksanakan sebagian tugas Kantor Kementerian Agama Kota/Kabupaten di bidang urusan agama Islam dan membantu pembangunan pemerintahan umum di bidang agama di tingkat kecamatan. Oleh karena itu KUA memiliki banyak peran yang sangat krusial.
"Peran tersebut dapat kita ketahui dari pelayanan yang diberikan KUA, yaitu: 1) Administrasi (Pendaftaran, Pengesahan dan Pencatanan Nikah dan Rujuk); 2) Pendaftaran dan Penerbitan Akte Ikrar Wakaf; 3) Pembinaan Keluarga Sakinah; 4) Pembinaan Kemasjidan; 5) Pembinaan syariah; 6) Pembinaan Pangan Halal; 7) Pembinaan Zakat; 8) Pembinaan wakaf; 9) Penyelenggaraan Bimbingan Manasik Haji." ujar Hermiadi
Hermadi juga menambahkan bahwa dengan adanya Penyuluh Agama Non PNS yang baru agar dapat membantu tugas-tugas KUA yang ada di Kecamatan seperti Pemberian Penasehatan BP4. Selain penyuluh agama Non PNS membantu Tugas-tugas KUA, mereka juga harus membuat makalah untuk bahan penyuluhan mereka di Masyarakat sehingga hasil yang mereka kerjakan agar dapat dilaporkan perbulan kepada Kepala KUA Kecamatan.
Saya berharap agar penyuluh Non PNS Juga aktif dan dapat bergabung di Media Sosial seperti line untuk mengirimkan kegiatan yang telah di laksanakan agar dapat di beritakan dan di publis di sumsel.kemenag.go.id.
jangan Kepala KUA saja yang Aktif dalam pengiriman foto dan berita kegiatan, Semuanya harus ikut berpartisipasi dan aktif seperti Penghulu, Penyuluh Fungsional, Penyuluh Non PNS, Staf KUA Baik PNS maupun Honorer,Ujarnya.(Okta/W45)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda bebas menuliskan komentar, kritik, saran atau masukan dengan kata-kata yang baik, tidak mengandung iklan, tidak mencela, menghina atau menyudutkan pihak manapun.
Komentar akan tampil setelah disetujui, jadi tidak perlu mengirimkan komentar berulang-ulang.
Terima Kasih.