Rabu, 09 November 2016

Wujudkan Siswa Berakhlak Mulia, Madrasah Implementasikan Budaya 5 S

Sumberharta,Inmas.
Untuk mewujudkan siswa berakhlak mulia, Madrasah Ibtidaiyah Negeri ( MIN ) Sumberharta mengimplementasikan budaya 5 S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, Santun) setiap hari bagi seluruh warga madrasah.Rabu(09/11)
Kepala Madrasah bidang Kesiswaan Asiyah,S.Pd.I menjelaskan salam adalah ucapan yang terindah yang sering diucapkan sebagai bentuk rasa sayang dan doa pada sesama. Sedangkan senyum adalah memberikan senyuman kepada orang lain.
''Sapa adalah menyapa dengan ucapan baik seperti ungkapan selamat pagi, apa kabar dan ungkapan-ungkapan yang baik lainnya dan Sopan santun adalah suatu sikap atau tingkah laku yang ramah terhadap orang lain,'' jelas Asiyah.
Kepala MIN Sumberharta Hj.Sri Widayati,m.Pd menyatakan implementasi budaya 5 S mengacu pada Visi MIN Sumberharta yaitu siswa yang Islami, intelek, dan berkualitas.
Sri Widayati menambahkan dalam budaya 5 S terkandung nilai-nilai saling menghormati, saling menghargai dan saling mencintai antar warga madrasah. ''5 S diperlukan dalam membangun hubungan yang baik antar warga madrasah agar tercipta pembelajaran yang kompleks, yang tidak mengedapankankan pengetahuan yang bersifat materil saja melainkan ditanamkan akhlak yang mulia antar warga madrasah,'' terang Sri Widayati.
Selanjutnya Sri Widayati mengatakan menjabat dan mencium tangan guru ketika datang dan pulang sebagai bukti kesopanan dan penghormatan kepada orang yang lebih tua dan guru bisa langsung mengamati keadaan siswa dan ketaatan mereka terhadap tata tertib madrasah. ''Pembiasaan bersalaman antar teman di madrasah menumbuhkan rasa kebersamaan dan menguatkan pertemanan mereka,'' tukasnya.(y4d1/W45)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda bebas menuliskan komentar, kritik, saran atau masukan dengan kata-kata yang baik, tidak mengandung iklan, tidak mencela, menghina atau menyudutkan pihak manapun.
Komentar akan tampil setelah disetujui, jadi tidak perlu mengirimkan komentar berulang-ulang.
Terima Kasih.