Kamis, 10 November 2016

Tingkatkan Kinerja Guru MAN Muara Kelingi Jalankan Program Supervisi

Kegiatan Proses KBM di Kelas XII IPA
Muara Kelingi, Inmas
Jelang akhir proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada semester ganjil TP 20162017, Kepala MAN Muara Kelingi melalui Wakil Kurikulum Imam Syafii guna meningkatkan kinerja guru menjalankan programsupervisi administrasi dan supervisi pembelajaran kepada guru PNS dan non-PNS, sejak Senin (7/11).
Menurutnya supervisi ini dilakukan selain untuk mengukur kinerja juga untuk mendorong peningkatan kompetensi dan keterampilan mengajar setiap guru MAN Muara Kelingi. Adanya supervisi ini tujuannya bukan untuk mencari-cari kelemahanguru, tetapi diharapkan setiap guru terus berupaya memperbaiki kelemahannyadalam proses KBM agar kemampuannya semakin baik, ujarnya
Salah seorang guru Fisika MAN Muara Kelingi Siti Hernika, S.Pd mengungkapkan perasaannya jelang dilakukan supervisi di kelasnya pagi Selasa kemarin (8/11). Gugup rasonyo aku pak, nak disupervisi, ungkapnya kepada Wakil Kurikulum.
Kegiatan supervisi diawali dengan memeriksa kelengkapan administrasi pembelajaran guru dan dilanjutkan dengan pengamatan proses belajar mengajar di ruang kelas sebagaimana yang dilakukan di Ruang Kelas X.2 mata pelajaran Fisika. Selaku guru Fisika Siti menyampaikan materi gerak menggunakan metode diskusi.
Sepanjang pengamatan admin sejak proses belajar mengajar dimulai mulai dari awal proses hingga diskusi berjalan pelaksanaan KBM tertib dan sangat hidup dengan banyaknya pertanyaan dari siswa lain. Pelaksanaan supervisi pada Selasa kemarin (8/11) ditargetkan empat orang guru, meliputi guru mapel Fisika, Seni Budaya, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia.
Ada tiga komponen kinerja yang diukur, pertama administrasi guru, kedua proses KBM, dan ketiga penilaian oleh siswa. Kesemua nilai akan kita gabungkan dan direkap. Hasil yang diperoleh itulah merupakan cerminan kinerja yang dilakukan guru, jelasnya
Program supervisi yang dilakukan di MAN Muara Kelingi diharapkan mampu mendorong peningkatan kompetensi dan keterampilan guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya sebagai pendidik. Dengan terus meningkatnya kompetensi yang dimiliki guru, maka secara langsung akan mampu meningkatkan kualitas KBM di MAN Muara Kelingi. (5y4f11/W45)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda bebas menuliskan komentar, kritik, saran atau masukan dengan kata-kata yang baik, tidak mengandung iklan, tidak mencela, menghina atau menyudutkan pihak manapun.
Komentar akan tampil setelah disetujui, jadi tidak perlu mengirimkan komentar berulang-ulang.
Terima Kasih.