Senin, 14 November 2016

MA Al Muhajirin Rencanakan UN TP 2016/2017 berbasis Komputer

Musi Rawas, Inmas. 
Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016/2017 di Madrasah Al Muhajirin Tugumulyo direncanakan pelaksanaannya memakai “Ujian Nasional Berbasis Komputer” atau yang biasa disebut dengan UNBK. Ujian sistem ini ujian yang tidak lagi menggunakan kertas dan pensil dalam pelaksanaan UN. Peran keduanya digantikan dengan komputer yang saling terhubung melalui sebuah jaringan intermet ke server pusat UN. UNBK sendiri telah dilaksanakan sejak beberapa tahun yang lalu. Dan sistem ini dianggap cukup efektif dan efisien dalam mengatasi kekurangan yang dialami dalam pelaksanaan UN Konvensional. Dalam UNBK masing-masing siswa akan mengerjakan UNBK di sebuah Komputer atau Laptop secara bersama-sama.
Tidak semua Sekolah/Madrasah yang melaksakan Ujian Nasional Basis Komputer, namun MA Al Muhajirin yang berpengalaman pada Ujian Kompentensi Guru (UKG) sejak 2012, dan pernah menjadi tempat Ujian Penerimaan Guru Garis Depan (GGD) pada tahun 2016 bertekad untuk tahun 2017 Ujian Nasional dilaksanakan dengan menggunakan sisten UNBK. 
Pada tanggal 3 November 2016 MA Al Muhajirin telah mendaftarkan diri untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer. Sebanyak 280 peserta ujian telah masuk database di: http://unbk.kemdikbud.go.id/, peserta terdiri dari: 3 Kelas Program IPA = 111 Siswa 1 Kelas Program Agama = 39 Siswa 4 Kelas Program IPS = 130 Siswa.
Kepala MA Al Muhajirin, Miswandi, S.Ag mengatakan “untuk kelancaran pelaksanaan UNBK MA Al Muhajirin akan menyiapkan komputer sebanyak 100 unit client dan 3 server utama dan 3 server cadangan”. 
Sebelum pelaksanaan akan diadakan simulasi dengan peserta dari guru dan dari siswa peserta ujian. Demi kelancaran UNBK Puspendik akan menyelenggarakan Simulasi ujian UNBK bagi seluruh sekolah penyelenggara UNBK, pada : Senin – Kamis, 21 – 24 November 2016 untuk tingkat SMA/MA dan SMP dan Senin – Kamis, 28 Nov – 1 Desember 2016 Untuk SMK. Mulai November 2016 MA Al Muhajirin mempersiapkan apa saja yang diperlukan Untuk UNBK. Hal ini bertujuan agar proses UNBK berlangsung dengan lancar tanpa ada suatu halangan apapun. (Pajeri/W45)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda bebas menuliskan komentar, kritik, saran atau masukan dengan kata-kata yang baik, tidak mengandung iklan, tidak mencela, menghina atau menyudutkan pihak manapun.
Komentar akan tampil setelah disetujui, jadi tidak perlu mengirimkan komentar berulang-ulang.
Terima Kasih.