Rabu, 09 November 2016

Guru Seni Budaya dan Keterampilan MIN Sumberharta Manfaatkan Kertas Kardus Bekas

Sumberharta,Inmas.
Guru seni budaya dan keterampilan Madrasah Ibtidaiyah Negeri ( MIN ) Sumberharta Syiswati., memanfaatkan kertas kardus yang banyak terdapat di lingkungan MIN Sumberharta sebagai media pembelajaran seni budaya dan keterampilan di ruang kelas VI , Senin (07/11)
Menurut Syiswati pemanfaatan kertas kardus dilakukan selain untuk mengurangi volume sampah juga untuk memberikan pembelajaran kepada para siswa-siswi MIN Sumberharta agar dapat memanfaatkan sampah baik dari kertas maupun plastik untuk didaur ulang sehingga dapat digunakan kembali. "Kardus bekas yang banyak tersedia di gudang dapat diolah menjadi berbagai macam barang seperti miniatur rumah, tempat tisu, tempat uang/ tabungan, bunga, pigura dan lain-lain," ujar syiswati
Selain itu Syiswati juga menambahkan bahwa melalui pembuatan prakarya secara kelompok tersebut selain dapat menumbuhkan kreatifitas juga dapat menjalin kerjasama yang baik antar siswa-siswi. "Dalam pembuatan prakarya dari kertas kardus kerjasama kelompok juga menjadi penilaian penting sehingga semua siswa-siswa nampak aktif bekerja," tambah Syiswati .
Siswa-siswi MIN Sumberharta yang mengikuti pembelajaran seni budaya dan keterampilan tersebut sangat antusias memperhatikan penjelasan yang diberikan oleh guru seni budaya dan keterampilan, selain itu kreativitas yang dihasilkan juga cukup baik dan beragam. "Alhamdulillah akhirnya kelompok kami selesai membuat prakarya dari kardus berupa miniatur rumah," ucap Bagas Satrio salah satu siswa kelas VI.
Rasa puas dan bangga juga terlihat diwajah para siswa-siswi, dimana setelah beberapa hari diberi tugas untuk mengerjakan akhirnya mereka dapat menyelesaikan tugas seni budaya dan keterampilan yang diberikan dengan baik. "Akhirmya selesai juga karya kelompok kami, bunga kertas dari kardus cantik sekali," ujar Wika Ratna Sari dengan bangga.
Pemanfaatan sampah yang dilakukan oleh para guru dan siswi-siswi MIN Sumberharta merupakan salah satu bentuk kecintaan terhadap lingkungan serta menjadi salah satu wujud nyata sebagai Madrasah yang menjadi salah satu sekolah yang berwawasan lingkungan atau sekolah Adiwiyata.(y4d1/W45)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda bebas menuliskan komentar, kritik, saran atau masukan dengan kata-kata yang baik, tidak mengandung iklan, tidak mencela, menghina atau menyudutkan pihak manapun.
Komentar akan tampil setelah disetujui, jadi tidak perlu mengirimkan komentar berulang-ulang.
Terima Kasih.