Rabu, 09 November 2016

Optimalkan Pembelajran MIN Sumberharta Terapkan Metode Sambung Ayat

Sumberharta,Inmas.
Guru Kelas 2 MIN Sumberharta Fitri Wiyanti,S.Pd.SD., menerapkan metode sambung ayat dalam menghafal surah pada mata pelajaran fikih, Rabu ( 09/11) di kelas IV.
Fitri mengatakan, penerapan metode sambung ayat yang dilakukan bertujuan untuk lebih mengoptimalkan hafalan surah pendek siswa. "Selain itu supaya siswa lebih cepat dalam menghafal surah," katanya.
Sebelumnya, hafalan surah siswa sering dilakukan dengan menghafal individual. Metode hafalan tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama dan siswa yang hafal hanya dengan membaca surah berurutan sesuai ayat. "Dengan metode sambung ayat ini, waktu yang dibutuhkan lebih singkat, dan siswa yang bernar-benar hafal juga lebih terlihat," pungkas Fitri.
Kepala Madrasah (Kamad) MIN Sumberharta Hj.Sri Widayati,M.Pd mengatakan, ada "Hafalan surah pendek merupakan salah satu bagian dari program belajar yang diterapkan pada mata pelajaran fikih dan al quran hadist," katanya.
Sri Widayati,M.Pd mengharapkan agar kedepan guru-guru di MIN Sumberharta lebih menggali metode yang lebih efektif dan menyenangkan bagi siswa. "Manfaatkan teknologi atau mengikuti pelatihan untuk lebih meningkatkan pemahaman dalam metode pengajaran," pungkas Sri Widayati.
Salah seorang siswa kelas 2 Nafiza Zahrotun mengaku lebih senang menghafal dengan metode sambung ayat tersebut. "Cara menghafal tersebut lebih menyenangkan juga membutuhkan konsentrasi lebih," ucap Fiza begitu panggilan akrabnya.(YADI/W45)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda bebas menuliskan komentar, kritik, saran atau masukan dengan kata-kata yang baik, tidak mengandung iklan, tidak mencela, menghina atau menyudutkan pihak manapun.
Komentar akan tampil setelah disetujui, jadi tidak perlu mengirimkan komentar berulang-ulang.
Terima Kasih.