Kamis, 15 Juni 2017

Wali Kelas : Membaca Buku Dapat Memperkaya Ilmu



Sumberharta, Inmas.
Wali kelas 1 Nurul Fitriyani,S.Pd.,mengatakan ''Membaca Buku Dapat Memperkaya Ilmu,'' .ujarnya saat mengajari anak yang belum lancar membaca di ruang kelas 1 MIN Sumberharta . Kamis (08/07)
Nurul Fitriyani., menjelaskan membaca adalah kegiatan yang sangat positif untuk terus dilakukan. Dengan membaca dapat menambah wawasan dan mendapatkan informasi-informasi baru yang berguna, jendela keilmuan akan terbuka melalui membaca, katanaya.
Lebih lanjut Nurul Fitriyani., mengatakan, selain menambah wawasan membaca buku juga mampu membuat otak selalu aktif setiap waktu. ''Marilah luangkan waktu keperpustakaan untuk membaca buku, karena dengan membaca buku akan memberikan kalian banyak sekali manfaat terutama untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan otak,'' ujarnya.
Nurul Fitriyani.,  menambahkan dengan rutin membaca buku perlahan-lahan kosakata yang dimiliki akan bertambah karena didalam buku yang dibaca selalu mengandung kosakata yang luas serta dapat membentuk pola berpikir menjadi tertata dan jenius apalagi buku yang dibaca jumlahnya banyak dan beragam jenisnya. ''Oleh karena itu kita harus-harus rajin membaca buku-buku yang bagus dan berkualitas serta memberikan manfaat positif bagi kehidupan ini,'' tambahnya.
Nurul Fitriyani., juga memberikan tips-tips cara membaca buku yang baik dan cepat serta efektif kepada siswa sehingga lebih mudah menangkap materi yang dibutuhkan, diantaranya pada saat membaca buku harus fokus pada apa yang dibaca, jarak pandang antara mata dan buku jangan terlalu dekat karena dapat membuat pusing kepala dan sulit memahami kata-perkata, membaca buku bacaan secara per kalimat, menggunakan jari telunjuk sesuai dengan bacaan yang sedang dibaca sehingga tidak ada kata yang terlupa atau terlewatkan, beri tanda atau garis pada bacaan yang penting sehingga lebih mudah memahami.(Y4D1/W45)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda bebas menuliskan komentar, kritik, saran atau masukan dengan kata-kata yang baik, tidak mengandung iklan, tidak mencela, menghina atau menyudutkan pihak manapun.
Komentar akan tampil setelah disetujui, jadi tidak perlu mengirimkan komentar berulang-ulang.
Terima Kasih.