Rabu, 31 Mei 2017

Muhamad Rais : Penguat Pancasila Sebagai Dasar Negara

Musi Rawas, Inmas.
Dalam rangka memperingati hari Kelahiran Pancasila, Kasubbag TU Muhamad Rais, M.Pd.I.,  selaku pemateri Diskusi Publik menyampaikan materi tentang Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di Aula Pertemuan Kemenag Mura, Rabu(31/05).
Sebelum menyampaikan materi Rais memberikan tantangan kepada seluruh Pegawai yang hadir untuk Membaca Undang-undang Dasar Tahun 1945 dan Pancasila tanpa teks.
Rais menyampaikan Sebagai hal yang tidak terpisahkan dari pancasila kita semua berkewajiban untuk membudayakan pancasila sebagai dasar negara. Karena kelahiran kita sebagai anak bangsa  adalah sebagai hal pemberian bukan sebuah hal pilihan, karena hal ini adalah pemberian kita harus syukuri.
Rais mengatakan bahwa didalam Pilar Kehidupan ada  Empat pilar kebangsaan indonesia yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, dimana dari keemapat pilar tersebut memiliki posisi masing-masing  sebagai pilar tersendiri dan sebagai upaya preventif mengingat besarnya potensi ancaman dan gangguan terhadap NKRI dan wawasan kebangsaan.
NKRI falsafahya adalah pancasila, dan dasar Bhineka Tunggal Ika adalah pancasila, Ujar Rais.
Rais menambahkan bahwa sebagai karakter bangsa pancasila merupakan perekat sehingga bisa menyatukan bangsa indonesia. Maka untuk menyatukan bangsa melalui bermusyawarah.
Setelah selesai menyampaikan materi dilanjutkan dengan seksi tanya jawab.(Okta/MT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda bebas menuliskan komentar, kritik, saran atau masukan dengan kata-kata yang baik, tidak mengandung iklan, tidak mencela, menghina atau menyudutkan pihak manapun.
Komentar akan tampil setelah disetujui, jadi tidak perlu mengirimkan komentar berulang-ulang.
Terima Kasih.