Selasa, 30 Mei 2017

Antisipasi WannaCry, Ini Langkah yang Dilakukan MIN Sumber Harta.



Sumberharta, Inmas.

Instansi Sekolah/Madrasah menjadi salah satu target virus Ransomware WannaCry yang mengunci data dan sang hacker akan meminta tebusan. Mengantisipasi hal itu, MIN Sumberharta melakukan berbagai langkah termasuk backup data dan menggunakan OS U Buntu sebagai sistem operasinya  . Selasa (30/05)

MIN Sumberharta mengambil langkah antisipasi karena pentingnya data dewan guru dan rekam siswa-siswi di MIN Sumberharta sangatlah penting untuk diselamatkan terlebih dahulu.

Kamad MIN Sumberharta Hj.Sri Widayati,M.Pd., mengatakan salah satu langkah antisipasi yaitu memutus sementara sejumlah jaringan internet di MIN Sumberharta sejak pukul 00.00 dini hari tadi untuk proses backup.

"Butuh waktu sekitar 3 jam untuk kami melakukan backup secara offline. Baru jam 03.00 kami aktifkan kembali," kata Sri Widayati.

Proses backup data dilakukan dengan menempatkan pada komputer berbasis Linux karena dikabarkan virus WannaCry mengincar Windows.

"Alhamdulillah proses tersebut berjalan lancar dan sampai saat ini tidak ada sistem pelayanan yang terganggu," tandasnya.(y4d1/W45)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda bebas menuliskan komentar, kritik, saran atau masukan dengan kata-kata yang baik, tidak mengandung iklan, tidak mencela, menghina atau menyudutkan pihak manapun.
Komentar akan tampil setelah disetujui, jadi tidak perlu mengirimkan komentar berulang-ulang.
Terima Kasih.