Rabu, 12 Oktober 2016

Kemenag Kab. Mura Adakan Pencegahan Penyakit Filariasis

Sosialisasi Filariasis
Musi Rawas, Inmas.
Kantor Kementerian Agama Kab. Mura adakan Pencegahan Penyakit Filariasis melalui sosialisasi yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kab. Musi Rawas di Ruang Pertemuan Kantor Kemenag Kab. Mura, Rabu, (05/10)
Sosialisasi ini dibuka oleh Kasubbag TU Kantor Kemenag Kab. Mura Muhammad Rais, M.Pd.I. Tim Dinas Kesehatan Kab. Mura mengutuskan 2 orang Tim Pencegahan Penyakit Filariasis Ariowinarko dan Anita.
Sosialisasi Pencegahan Penyakit Filariasis dihadiri Kasubbag TU kemenag Kab. Mura Muhammas Rais, M.Pd.I, Bendara Muslimin, SE.I, Kasi Penyelengggara Syariah M. Yusran, S.Ag, Kepala KUA Kec. Muara Beliti Nasrul Thaher dan seluruh pegawai yang berada di Kantor Kementerian Agama Kab. Mura.
Rais menjelaskan, Kabupaten Musi Rawas termasuk dalam endemik penyakit kaki gajah. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mencegah adanya penyakit kaki gajah yang penyebarannya melalui nyamuk. Penyebaran penyakit filariasis ini dapat terkena dimana saja jadi harus dilakukan pencegahan.
Ariowinarko menjelaskan, kabupaten Musi Rawas ditetapkan sebagai wilayah endemik penyakit kaki gajah. Berdasarkan survei Tahun 2015 angka mikro penyakit filariasis di Musi Rawas berada pada 19%. Hal ini jauh melebihi ambang batas aman. Penyakit Filariasis ditularkan nyamuk yang disebabkan oleh cacing filaria yang bentuknya sangat kecil yang berkembang di badan nyamuk.
Dalam hal ini maka Dinas Kesehatan mengadakan pemberian obat Pencegahan Penyakit Filariasis secara massal secara kurun waktu 5 tahun, tahun 2016 ini merupakan tahun kedua dan akan diberikan obat pencegahan sampai dengan tahun 2019 kedepan., Ujar Ariowinarko.
Obat Pencegahan Penyakit Filariasis ini boleh dikonsumsi dari usia 2 sampai dengan 70 tahun, dosis sesuai dengan umur. Obat ini dikonsumsi dalam satu kali minum untuk satu tahun, dan tidak dianjurkan untuk ibu-ibu yang sedang mengandung, demam, sakit kronis dan sakit jantung, tambah Ariowinarko.
Kegiatan sosialisasi ini ditutup dengan pembagian Obat Pencegahan Penyakit Filariasis kepada seluruh pegawai Kementerian Agama Kabupaten Musi Rawas. (MT)
pulsabook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda bebas menuliskan komentar, kritik, saran atau masukan dengan kata-kata yang baik, tidak mengandung iklan, tidak mencela, menghina atau menyudutkan pihak manapun.
Komentar akan tampil setelah disetujui, jadi tidak perlu mengirimkan komentar berulang-ulang.
Terima Kasih.