Musi Rawas, Inmas.
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Musi Rawas H. Hermadi, S.Ag., M.Si., dampingi sekaligus menjadi Mentor Kasubbag TU Muhamad Rais, M.Pd.I, pada kegiatan Diklat PIM IV Angkatan
XXIV, di Balai Diklat Keagamaan (BDK) Macan Kumbang, Palembang, Rabu (26/10).
Kementerian Agama melalui Balai Diklat Keagamaan Palembang mengubah
model Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) bagi para pejabat
Eselon I, II, III dan IV. Salah satunya, para peserta dituntut
menghasilkan output proyek perubahan sesuai dengan tugas dan fungsi
masing-masing.
Salah satu Peserta Diklatpim, Kasubbag TU Kemenag Mura, Muhamad Rais, M.Pd.I, mengatakan, "Diklatpim saat ini didesain agar setiap peserta selaku para pimpinan di
Kemenag dapat saling berbagi pengetahuan, pengalaman, ketrampilan, dan
gagasan perubahan. Untuk itu, proses Diklatpim IV dilaksanakan selama
kurang lebih 4 bulan, dengan sistem
pembelajaran di Balai Diklat (on campus) dan pelatihan di luar balai
diklat atau di tempat kerja (off campus). Dengan bagitu, para peserta
diharapkan dapat langsung mengimplementasikan gagasan perubahan yang
disusun di kampus (on campus) saat mereka berada di tempat kerja (off
campus). Proses perencanaan dan implementasi itu lalu dievaluasi ketika
para peserta kembali ke kampus Pusdiklat".
Target akhir diklatpim adalah
merancang proyek perubahan. Sebagai contoh, Rais menyebut proyek Perubahan berupa
rancangan sistem aplikasi siMAYA sebagai sistem Administrasi Perkantoran berhasil disimulasikan dan dipaparkan dibalai Diklat Keagamaan Palembang. Berkat dukungan dan kerjasama semua tim implementasi, Aplikasi siMAYA siap dilaksanakan pada Kantor Kementerian Agama kabupaten Musi Rawas pada Tahun 2017.
Selama
4 bulan peserta Diklatpim telah melewati empat tahap kegiatan, yaitu
Tahap Diagnosa Kebutuhan Perubahan, Tahap Membangun Komitmen, Tahap
Merancang Perubahan dan Membangun Tim, Tahap Laboratorium Kepemimpinan
dan terakhir adalah Tahap Evaluasi. (Soerya/W45)
Mantap...
BalasHapusLanjutkan....
Semoga bisa membawa perubahan yang lebih baik lagi.
Dengan peningkatan SDM nya