Kamis, 27 Oktober 2016

Kasubag TU Mura Simulasikan Aplikasi siMAYA pada Diklatpim Proyek Perubahan.

Musi Rawas, Inmas.
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Musi Rawas H. Hermadi, S.Ag., M.Si.,  dampingi sekaligus menjadi Mentor Kasubbag TU Muhamad Rais, M.Pd.I, pada kegiatan Diklat PIM IV Angkatan XXIV, di Balai Diklat Keagamaan (BDK) Macan Kumbang, Palembang, Rabu (26/10). 
Kementerian Agama melalui Balai Diklat Keagamaan Palembang mengubah model Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) bagi para pejabat Eselon I, II, III dan IV. Salah satunya, para peserta dituntut menghasilkan output proyek perubahan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.
Salah satu Peserta Diklatpim, Kasubbag TU Kemenag Mura, Muhamad Rais, M.Pd.I, mengatakan, "Diklatpim saat ini didesain agar setiap peserta selaku para pimpinan di Kemenag dapat saling berbagi pengetahuan, pengalaman, ketrampilan, dan gagasan perubahan. Untuk itu, proses Diklatpim IV dilaksanakan selama kurang lebih 4 bulan, dengan sistem pembelajaran di Balai Diklat (on campus) dan pelatihan di luar balai diklat atau di tempat kerja (off campus). Dengan bagitu, para peserta diharapkan dapat langsung mengimplementasikan gagasan perubahan yang disusun di kampus (on campus) saat mereka berada di tempat kerja (off campus). Proses perencanaan dan implementasi itu lalu dievaluasi ketika para peserta kembali ke kampus Pusdiklat".
Target akhir diklatpim adalah merancang proyek perubahan. Sebagai contoh, Rais menyebut proyek Perubahan berupa rancangan sistem aplikasi siMAYA sebagai sistem Administrasi Perkantoran berhasil disimulasikan dan dipaparkan dibalai Diklat Keagamaan Palembang. Berkat dukungan dan kerjasama semua tim implementasi, Aplikasi  siMAYA siap dilaksanakan pada Kantor Kementerian Agama kabupaten Musi Rawas pada Tahun 2017.
Selama 4 bulan peserta Diklatpim telah melewati empat tahap kegiatan, yaitu Tahap Diagnosa Kebutuhan Perubahan, Tahap Membangun Komitmen, Tahap Merancang Perubahan dan Membangun Tim, Tahap Laboratorium Kepemimpinan dan terakhir adalah Tahap Evaluasi. (Soerya/W45)

1 komentar:

  1. Mantap...
    Lanjutkan....
    Semoga bisa membawa perubahan yang lebih baik lagi.
    Dengan peningkatan SDM nya

    BalasHapus

Anda bebas menuliskan komentar, kritik, saran atau masukan dengan kata-kata yang baik, tidak mengandung iklan, tidak mencela, menghina atau menyudutkan pihak manapun.
Komentar akan tampil setelah disetujui, jadi tidak perlu mengirimkan komentar berulang-ulang.
Terima Kasih.