Selasa, 28 Januari 2014

Aplikasi SAKPA 2014 Versi 14.0.0

SAKPA 2014 V.14.0.0 Tidak tersa bulan pertama di tahun 2014 akan berlalu, tentunya bagi operator satker harus segera mempersiapkan laporan SAKPA tahun 2014. Aplikasi SAKPA 2014 Versi 14.0.0 sudah resmi diunggah di web Perbendaharaan. Bagi yang kesulitan mengunduh langsung dari web tersebut, bisa mengunduh melalui link alternatif di disini.
Setting awal Aplikasi SAKPA 2014 ini pada dasarnya sama saja dengan SAKPA 2013 tahun lalu, namun sekedar mengingatkan tidak ada salahnya kita ulas kembali :
  1. Lakukan Instalasi: Installer Aplikasi SAKPA 2014.exe
  2. Masuk ke Aplikasi SAKPA 2014 dengan User dan Password: admin
  3. Tabel Referensi > klik SATKER > isilah sesuai Kode Kementerian, ES-1, Wilayah dan Kode Satker beserta Uraian Satker.
  4. Buatlah: USER ACCOUNT  yg terdiri dari: Nama, Nama id, Password, Satker dan pilih Jenis Kewenangan mis: Kantor Daerah (KD).
  5. Masuklah kembali: LOG OFF dengan User dan Password yg telah dibuat.
  6. TRANSFER DIPA KE APLIKASI SAKPA 2014: Pada menu: Transaksi > Copy DIPA dari Aplikasi SPM > isi User dan Password SPM 2014 Anda, (misalnya: ppspm), gunanya untuk menyambung koneksi dengan Aplikasi SPM 2014. (Tentu saja Aplikasi SPM dan SAKPA harus dalam 1 komputer / Laptop). Kemudian pilih No. Dokumen (No. DIPA) yg tersedia, Tanggal Dokumen dan Tanggal Buku otomatis muncul sesuaikan tahunnya 2014> klik Proses.
  7. Langkah selanjutnya adalah PENGAMBILAN SALDO AWAL. Pada menu: Proses > klik Pengambilan Saldo Awal > Otomatis akan masuk Directory c:\Sakpa13\trn dengan munculnya kode BAES1, Wilayah, Satker dan J.Satker, seterusnya klik pada kotak "Pilih" > Klik Proses Data > Keluar.
  8. Cek Rekonsiliasi Saldo Awal Anda untuk memastikan tidak ada selisih. Langkahnya: Menu: Rekonsiliasi BMN > Rekonsiliasi Saldo Awal > pilih SALDO AWAL BULAN: Januari > klik Proses.
  9. Selanjutnya silahkan lakukan Proses perekaman SPM/SP2D Ssatu-persatu (manual)              atau juga bisa secara otomatis mengambil dari aplikasi SPM melalui Menu: Transaksi > Copy SPM/SP2D dari Aplikasi SPM > masukkan user dan Password SPM untuk meng-koneksi pengambilan SPM/SP2D (pastikan Anda sudah Mencatat No. dan Tanggal SP2D dan me-Load Masternya pada Aplikasi SPM 2014).
  10. Posting
  11. Cetak Laporan
  12. Rekon ke KPPN, Periksa kendaraan Anda : kondisi rem, bensin, SIM, STNK agar tidak ada halangan dijalan. Jika terasa capek / mengantuk, silahkan cari warung kopi terdekat.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda bebas menuliskan komentar, kritik, saran atau masukan dengan kata-kata yang baik, tidak mengandung iklan, tidak mencela, menghina atau menyudutkan pihak manapun.
Komentar akan tampil setelah disetujui, jadi tidak perlu mengirimkan komentar berulang-ulang.
Terima Kasih.